Manfaat Makan Kurma Saat Berbuka Puasa

Bulan Ramadhan yang dinantikan oleh seluruh umat Muslim akan segera tiba. Berbagai nuansa khas Ramadhan mulai meramaikan masyarakat. Beberapa orang mulai mempersiapkan berbagai pernak-pernik Ramadhan, mulai dari tradisi munggahan di berbagai daerah, bersih-bersih rumah hingga menyiapkan kuliner khas.


Manfaat Makan Kurma Saat Berbuka Puasa

Berbicara kuliner khas Ramadhan, tentu tak bisa dipisahkan dari buah kurma. Ya, buah yang berasal dari tanah Arab ini menjadi makanan yang sangat digemari saat Ramadhan. Kita dapat dengan mudah membelinya di pasar swalayan hingga penjual kaki lima. Rasanya yang manis sangat cocok disantap saat berbuka puasa. Beberapa orang juga gemar mengkonsumsi kurma saat sahur tiba.

Seperti kita ketahui, kurma adalah makanan yang dianjurkan dan disukai oleh Rasulullah. Nah, di balik rasanya yang manis dan digemari, ternyata ada manfaat hebat di balik kebiasaan konsumsi kurma saat sahur dan buka puasa. Penasaran?

Membantu fungsi otak saat berpuasa

Para ilmuwan di Amerika Serikat telah membuktikan bahwa mengkonsumsi kurma di waktu sahur dan berbuka dapat memelihara fokus saat berpuasa. Selain itu, kurma juga bisa 'membantu' puasa kita dengan meenurunkan hormon kortisol, yang berperan menurunkan kadar stres sehingga kita dapat menjalankan puasa dengan lebih tenang dan nikmat.

Menurunkan kolesterol

Disamping manfaat puasa yang dapat membersihkan racun dalam tubuh, konsumsi kurma saat sahur dan berbuka juga mampu mengurangi kolesterol dalam darah sekaligus menyehatkan jantung. Tak heran, setelah berpuasa tubuh terasa lebih ringan dan segar.

Membersihkan racun

Selama berpuasa, tubuh akan melakukan detoksifikasi atau pembersihan dari racun yang mengendap. Konsumsi kurma saat berbuka ternyata mampu menunjang proses detoksifikasi. Kurma  mengandung karbohidrat dan fruktosa yang lebih mudah dipecah tubuh sehingga menjadi sumber energi yang lebih baik tanpa mengganggu proses detoksifikasi.

Walaupun bentuknya kecil, kurma ternyata mengandung zat gizi yang tinggi seperti vitamin A, C, B kompleks, tiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat serta diperkaya dengan mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, fosfor, selenium, magnesium, natrium, cobalt, dan zink, yang mampu menjadi sumber gizi yang baik selama berpuasa seharian penuh.

Menyerap lebih banyak nutrisi

Saat puasa, tubuh akan mengeluarkan hormon adiponectin yang berfungsi merangsang tubuh menyerap lebih banyak nutrisi. Inilah saat yang tepat untuk 'memanjakan' tubuh Anda dengan memberinya pasokan nutrisi yang baik. Kurma bisa jadi pilihan yang tepat karena mengandung nutrisi yang tinggi tanpa perlu takut pada efek samping seperti obesitas dan diabetes.


nah itu dia rahasia manfaat dibalik anjuran konsumsi kurma saat sahur dan berbuka puasa. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Makan Kurma Saat Berbuka Puasa"

Post a Comment