Pendakian Gunung Guntur Garut 2249 Mdpl

Pendakian Gunung Guntur Garut 2249 Mdpl

nextbamz - Pendakian Gunung Guntur, Gunung ini merupakan gunung berapi aktif di Garut yang memiliki ketinggian 2.249 Mdpl. Gunung ini pertama didaki oleh pendaki berkebangsaan prusia – Jerman, Frans Junghun pada tahun 1837. Pada saat itu Junghun memasukkan gunung ini pada golongan gunung – gunung api paling aktif di Jawa. Di Gunung ini memiliki dua sumber mata air, yaitu sumber air dingin yang mengalir ke aliran curug citiis airnya bersih dan bisa dipakai untuk minum dan sumber air panas yang mengalir ke Cipanas yang dimanfaatkan sebagai wisata pemandian air panas. pendakian Gunung Guntur sangat lumayan extreme bagi pemula sih tapi bisa dicoba untuk melatih fisik dan mental.

Gunung guntur tidak seperti gunung –gunung di daerah tropis lainnya. Gunung ini justru terlihat tandus dan gersang. Jalurnya pun di dominasi oleh savanna dan batuan kerikil kecil sisa letusan.jarang kita menjumpai pohon besar sepanjang lintasan pendakian yang bisa kita gunakan untuk berteduh. Terutama pada lintasan sesudah melewati curug citiis. Medan yang tandus dan gersang membuat gunung guntur lebih dikenal karena cuacanya yang liar. Tekanan angin dan suhu udara yang panas, bahkan bisa di bilang ganas.


Jalan pendakian menuju gunung guntur bisa melewati jalur citiis anda bisa menggunakan ojek sampai kekaki di penggalian pasir, disini anda dapat menemukan jalan agak lebar yang biasa digunakan truk truk pasir untuk keluar masuk. Sebagian bercabang, jadi sebaiknya anda banyak bertanya pada penambang – penambang pasir arah yang menuju ke jalur pendakian. Sekitar 30 menit dari kampung citiis, anda akan menemui pipa saluran air di aliran sungai kecil disisi kanan anda. Pipa itu bisa anda jadikan patokan jalur pendakian anda. Ikuti alur pipa tersebut, melewati hutan yang rindang dan ladang – ladang penduduk sampai anda menjumpai curug citiis, pendakian bisa dimulai dari situ.

Dalam pendakian anda dapat mengisi air di mata air curug citiis, menuju puncak pertama jalan menuju Gunung Guntur lumayan sulit karena tanah yang dipijak berupa pasir dan kerikil kita harus pintar dalam melangkah jalur yang licin bisa jadi ketika maju satu langkah mundur tiga langkah, sesampainya di puncak pertama anda bisa lebih santai dan dapat  mendirikan tenda namun hati-hati dengan angin yang lumayan kencang.

Selanjutnya bisa langsung menuju ke puncak gunung ke dua, jalur yang akan anda lewati tidak jauh berbeda dengan jalur dari pucak pertama menuju puncak kedua. Kanan kirinya merupakan padang savanna yang luas.  Setelah sedikit menurun, jalur yang anda lalui akan menanjak terjal dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Tidak sampai 40 menit dari puncak pertama, anda akan sampai di puncak tertunggi gunung guntur (2.249 mdpl)

Dan terakhir adalah di Puncak Ketiga anda perajalan seperti puncak pertama menuju kedua tetapi di puncak ketiga terdapat kawah gunung tersebut dan alat pengontrol aktifitas Gunung Guntur. dsana bisa melihat wisata alam yang begitu indah dan terdapat banyak Gunung Gunung yang dapat kita lihat.

Setelah pendakian di gunung guntur garut itu abadikan moment nya dan pulang kembali dengan membawa sampah sampah

1 Response to "Pendakian Gunung Guntur Garut 2249 Mdpl"

  1. banyak nih temen-temen saya yang dijakarta mau pada ke gunung yang ada di garut, hayu kapan min ke gunung atuh haha

    ReplyDelete