5 Penyembuhan Dengan Teknologi Sains Fiksi

Teknologi di abad ke 21 sudah berkembang dengan amat pesat. Segala hal yang nampaknya mustahil bisa diwujudkan dalam dunia rekaan tersebut. Seperti untuk teknologi robot, teknologi pesawat hingga teknologi dalam pengobatan. Semua dibuat sedemikian rupa hingga selalu nampak bagus dan meyakinkan.
Teknologi-teknologi yang ada di film sains fiksi ternyata menginspirasi banyak ilmuwan untuk menghasilkan hal baru. Mereka menggunakan teknologi yang nyaris sama dengan yang ada di film. Bahkan teknologi ini mampu menyembuhkan kondisi-kondisi medis yang sangat aneh. hebat! Berikut kisah selengkapnya!

1. Tangan Prostetik yang Bisa Bergerak dan Merasakan



Salah satu kemajuan dunia robotika yang sangat dinantikan adalah penggabungan komponen robot dengan manusia. Dengan kemajuan ini, diharapkan beberapa tahun kemudian, manusia yang cacat dapat dibantu dengan alat-alat yang ditransplantasikan ke tubuhnya. Dengan alat ini manusia mampu bergerak atau melakukan aktivitas dengan baik. Bahkan bisa merasakan sesuatu yang telah hilang dari badannya.


2. Mesin Pencetak Tulang 3D



Kita bisa mengalami patah tulang atau bahkan remuk tulang jika mengalami kecelakaan. Hal ini bisa membuat kita merasa sangat kesakitan bahkan tertekan. Namun hal sesuatu yang membuat kita jadi merasa tak punya semangat hidup bukanlah sakitnya, tapi cacatnya. Saat tulang patah atau remuk otomatis kita akan mengalami cacat permanen. Terlebih jika usai kita sudah tua. Tulang tak akan bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Jadi jalan satu-satunya adalah memasang alat penyambung di dalam tulang atau pasrah.


3. Lensa Kontak yang Mampu Memonitor Gula Darah



Satu hal yang harus diperhatikan oleh para penderita diabetes adalah keadaan kadar gulanya dalam darah. Untuk mengecek hal ini biasanya mereka menggunakan alat yang mengharuskan mereka mengambil darah dari tubuhnya. Setelah itu darah akan dimasukkan ke alat khusus untuk diketahui angka kadar gulanya. Jika kadar gula darahnya tinggi, penderita diabetes butuh suntikan insulin agar kadar gula darahnya turun dengan cepat.


4. Memprogram Kembali Virus HIV



Mungkin terdengar sedikit menyeramkan. Namun apa yang dilakukan ilmuwan-ilmuwan ini adalah hal yang menakjubkan. Mereka mengambil beberapa sel dari HIV lalu membuat sel itu menjadi sedikit bodoh. Mereka merusak bagian luar hingga virus ini tak begitu berbahaya lagi. Setelah itu mereka mengganti beberapa bagian dari virus dengan DNA manusia yang normal. Hasilnya, virus HIV yang dicuci otak justru membantu manusia untuk membunuh beberapa penyakit genetik.


5. Menjaga Organ Transplantasi di Luar Tubuh Manusia



Transplantasi organ adalah sebuah kemajuan yang dilakukan manusia dalam bidang kedokteran. Orang-orang yang mengalami gangguan jantung, hati, ginjal, hingga sumsum tulang belakang bisa sembuh dengan transplantasi organ. Proses transplantasi ini telah terbukti menyelamatkan banyak orang di seluruh dunia meski memiliki banyak risiko saat proses operasinya berlangsung.



2 Responses to "5 Penyembuhan Dengan Teknologi Sains Fiksi"